IMG_1687

INSPIRASI DARI TURKI: Persiapan Keberangkatan (1/5)

Bismillah… kali ini saya ingin berbagi cerita pengalaman pribadi ketika akhirnya impian untuk bisa mengunjungi sekaligus belajar di luar negeri di Istanbul, Turki dapat tercapai. Dari sini saya jadi belajar bahwa sesuatu yang kita selalu impikan diiringi dengan ikhtiar yang kuat insya Allah akan tercapai dengan izinNya.

Mengingat ada beberapa teman yang sering menanyakan tentang bagaimana bisa untuk belajar di luar negeri melalui program-program internasional yang ada, maka melalui tulisan di blog ini saya ingin berbagi cerita pengalaman khususnya ketika program yang diikuti adalah summer school dengan harapan dapat menjawab memberikan inspirasi yang bermanfaat.

123

Summer School yang saya ikut ini adalah hasil kerja sama antara ITS dengan Istanbul Aydin University sejak tahun 2014 di bidang pendidikan dan nama program untuk tahun ini adalah ‘Delightful Istanbul 2015: Istanbul Aydin University Summer School Program’ dengan durasi waktu hampir dua Minggu. Tentu pengalaman menjadi bagian dari peserta program ini yang totalnya kurang lebih 150 peserta dari 22 negara berbeda memiliki tantangan tersendiri serta terdapat banyak hikmah yang bisa saya petik saat persiapan keberangkatan.

Ini adalah ke sekian kalinya saya terus mencoba mendaftar mengikuti berbagai program ke luar negeri di bidang pendidikan setelah sebelumnya tidak mendapat kabar yang kurang baik. Namun, berbeda pada kesempatan kali ini saat mendapat informasi dari International Office ITS tentang dibukanya program ini apalagi lokasinya di kota yang amat bersejarah bagi umat Islam sepeninggal runtuhnya Kerajaan Utsmani di Istanbul – Turki tahun 1924, saya benar-benar berikhtiar untuk go study abroad! dengan memperhatikan segala hal kecil mengenai persyaratannya dengan menyiapkan berbagai essay sebaik mungkin dan mengoreksi tiap jawaban dari tiap waktu ke waktu bahkan saya tidak malu-malu untuk bertanya pada peserta sebelumnya yang saya anggap sebagai coach pribadi untuk membantu persiapan wawancara dan FGD (Forum Group Discussion). Pengumpulan berkas persyaratannya saya kumpulkan tidak lama setelah pengumuman informasinya pertama kali dan sebagai bukti juga kesungguhan saya dalam mengikuti program ini.

Singkat cerita, pengumuman hasilnya disampaikan melalui telepon dan syukur alhamdulillah saat itu saya terpilih sebagai salah satu delegasi dari ITS. Saat itu, saya diberi berbagai pilihan course dan sightseeing tours yang harus dipilih. Sayangnya, saya tidak mendapati ada course yang sesuai bidang studi saya di ITS dan akhirnya saya mencoba memilih Leadership and Culture Course dengan harapan dapat membantu aktivitas saya dalam berorganisasi. Tidak lama setelah memilih course tersebut, saya mendapat kabar kalau kelasnya telah penuh dan karenanya saya harus memilih opsi kedua yaitu course Globalization and Developing Markets: The Case of Turkey. Dari course ini, paling tidak saya dapat belajar hal-hal baru di bidang sosial – politik yang berkaitan dengan globalisasi, energi, dan sejarah pengembangan ekonomi pasca runtuhnya Kerajaan Utsmani serta hubungan diplomatis antara Turki dengan Eropa-Timur Tengah.

Belum selesai tantangan yang terus berdatangan sebelum hari H keberangkatan, lagi-lagi ada rasa bimbang yang selalu menghantui saya saat itu yang mengetahui bahwa pihak penyelenggara program ini hanya memberikan bantuan half – scholarship. Akhirnya saya harus mencoba mengajukan permohonan bantuan dana ke berbagai lembaga sponsor. Alhamdulillah, bagi saya hasilnya lumayan meskipun pada akhirnya saya juga harus merogoh kocek sendiri alias beasiswa orang tua sembari berharap mendapat jatah dari kampus setelah program selesai.

EQ5A2637

Peserta Delightful Istanbul 2015

Tinggalkan Jejakmu

