idul_adha_by_novnbeer-d38qmi8

Hikmah Idul Adha 1435 H

Sebagai mahasiswa perantau yang masih disibukkan dengan berbagai amanah di kampus, bagaimanapun kondisinya Aku harus mencari beribu alasan untuk bisa menyempatkan waktu untuk pulang dan merayakan Idul Adha bersama keluarga. Tahun ini, sungguh berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya. Tidak seperti saudara-saudara yang lain bisa merayakan hari peristiwa kurban dahulu yang dilakukan Nabi Ibrahim ‘alaihisallam dengan bercengkerama bersama keluarga besar dirumah maupun sanak famili dan sesekali keluar rumah melihat penyembelihan hewan kurban. 

Kali ini, perayaan Idul Adha ada di tempat Ibuku yang sedang dirawat RS Universitas Hasanuddin ditemani oleh sang Aby dan Nenek yang tidak pernah sedikitpun kulihat dari wajahnya lelah menjaga sang Ibu selama lebih dari sebulan ketika Aku kembali ke RS dari Surabaya selama sekali dua minggu.

Hari ini, selepas waktu shubuh Aku berangkat dengan jalan kaki ke Masjid Universitas Cokroaminto, Makassar, tanpa ditemani siapapun karena sebelumnya keluargaku yang dominan penganut Muhammadiyah sudah mendahului sholat ‘Ied dan juga sengaja memang Aku menunda besok karena ingin tetap stand by menjaga Ibu. Ditambah lagi suasana yang berbeda ketika adikku juga harus mengalami hampir sama denganku dengan merayakan hari ‘Ied dirumah Bekasi padahal sudah berapa kali kutawarkan untuk mengajaknya ikut turut ke Makassar namun ia tetap bersikukuh untuk tetap di rumah yang mudah-mudahan alasannya agar tetap fokus pada belajarnya dan berharap Ibu bisa segera kembali ke rumah untuk memasakkannya seperti biasa.

Subhanallah, wallahi! Suasana ini tidak pernah kuduga sebelumnya dan adalah benar bahwa takdir Allah memang selalu misteri dan semuanya tidak pernah terlepas dari suatu hikmah yang ingin diajarkan kepada setiap hambanya. Bagiku, cobaan ini tidak sebanding dengan para kaum pejuang Allah dan bagi kita, Muslim sejati menganggap bahwa musibah terbesar sepanjang masa adalah wafatnya Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam.

Hikmah Idul Adha bagiku kali ini adalah kesabaran dan rasa syukur. Sebagaimana dikisahkan oleh Nabi Ibrahim ‘alaihisallam kepada anaknya, Nabi Ismail, tentang ujian kecintaan dan kesabaran dari Allah. Kisah ini pula ingin mengajarkan kepada kita betapa pentingnya bersabar dalam menaati Allah dengan kondisi apapun.

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” [Qur’an Surat Ash Shaffat : 102 – 107]

Mudah-mudahan dengan kesabaran menghadapi segala cobaan Allah menebus sesuatu yang lebih baik nantinya karena Allah-lah Maha Tahu apa yang terbaik bagi hambanya dan bersyukur atas segala apa yang telah diberikan oleh Allah baik dalam keadaan lapang maupun sempit serta segala apa yang telah ditakdirkan oleh Allah SWT.

Semoga kita semua senantiasa selalu diberi kesempatan untuk selalu mengingatNya.

One thought on “Hikmah Idul Adha 1435 H”

  1. Hai gan salm kenal,, bgi anak kos seperti saya hikmah idul adha bukan hanya untuk memperbiki gizi,, tpi menambah kepekaan akan rasa sayang terhadap org tua yg sedang mnunggu dirumah🙂

Tinggalkan Jejakmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s