0

Top OCEAN ENGINEERING Colleges

Saat ini di Indonesia, program pendidikan Teknik Kelautan dilaksanakan di tiga universitas yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di SurabayaInstitut Teknologi Bandung (ITB) di Bandung dan Universitas Hasanuddin (UNHAS) di Makassar. Sedangkan di Institut Pertanian Bogor, teknik kelautan dipelajari di dalam Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Kali ini penulis akan memaparkan 10 kampus jurusan Teknik Kelautan terbaik di berbagai negara dari hasil riset pribadi:

10. University of Ulsan  (OUO)

Headline Main Site

OUO didirikan pada tahun 1969 sebagai Ulsan Institute of Technology. Institut (pada awalnya) ini dipromosikan sebagai universitas sejak tahun 1985 di Ulsan, Korea Selatan. Selama ini, kota Ulsan dikenal sebagai pusat industri  motor milik Hyundai. Karena pengalaman kerja sama berbagai proyek dengan universitas-industri telah berlangsung lama maka tidak heran hubungan industri ini telah membantu OUO menjadi salah satu lembaga pendidikan swasta terbaik di Korea Selatan. School of Naval Architecture & Ocean Engineering (NAOE) merupakan salah satu program akademik milik OUO dimana bidang Naval Architecture diarahkan untuk mempelajari desain, produksi, dan operasi dari semua jenis kapal sedangkan Ocean Engineering khusus berkaitan dengan desain, konstruksi, dan operasi dari semua jenis struktur laut seperti platform minyak untuk struktur terapung yang sangat besar, contohnya pulau-pulau mengambang buatan manusia. NAOE memiliki fasilitas eksperimen yang sangat baik bagi Ocean Engineering Wide Tank dan Wind-Water Tunnel yang unik serta berbagai peralatan untuk struktur, getaran tes, dan fasilitas komputasi yang luas.

9. University of Tasmania (UTas)

UTas Centenary Building

UTas yang terletak di sebuah pulau besar bagian Australia Selatan atau dikenal Tasmania merupakan universitas keempat yang didirikan di Australia pada tahun 1890 dan saat ini satu-satunya universitas yang terletak di Tasmania. Salah satu keunggulan fakultas yang dimiliki oleh UTas adalah Australian Maritime College (AMC) karena merupakan lembaga nasional Australia untuk pendidikan maritim dan kelautan yang terkait, pelatihan, dan penelitian. AMC menawarkan berbagai program yang diantaranya: Ocean & Coastal Seafaring, Maritime Engineering & Hydrodynamics, Maritime Bussiness & International Logistics, Marine Conservation, Fisheries & Aquaculture, Postgraduate Maritime Studies, dan Office of Maritime Communications. Mahasiswa juga dilengkapi dengan pilihan program studi yang fleksibel, dengan kesempatan untuk full-time, part time, dan online course. Salah satu keunikan AMC adalah ukuran kelasnya yang kecil dimana mahasiswa dan pengajar bisa lebih dekat dalam berinteraksi satu sama lain dan juga menawarkan berbagai pilihan akomodasi mahasiswa serta beasiswa.

8. Indian Institute of Technology Madras (IIT Madras)

IIT Madras Library

Menurut hasil survei dari Indian Today-Nielsen, IIT Madras menempati posisi ke-5 sebagai perguruan tinggi teknik terbaik yang terletak di Chennai (sebelumnya Madras), India. IIT Madras diakui sebagai Institute of National Importance oleh pemerintah India. Sebab, IIT Madras berfungsi sebagai sektor terpenting dalam mengembangkan tenaga terampil dalam wilayah tertentu. Salah satu kebanggaan departemen yang dimilikinya adalah Department of Ocean Engineering yang berdiri sejak tahun 1977  atas rekomendasi dewan pimpinan IIT. Tujuannya sebagai Center of Excellence untuk memajukan iptek serta mengembangkan program pendidikan dan pelatihan di bidang Teknik Kelautan. Disamping memiliki jumlah staf pengajar yang bergelar profesor, penelitian, dan fasilitas yang sangat baik juga memiliki layanan konsultasi dengan pemerintah maupun industri tentang pembangunan industri kemaritiman.

7. University of Strathclyde

File:University of Strathclyde Campus.jpg
University of Strathclyde Campus

University of Strathclyde adalah sebuah universitas riset yang terletak di kota Glasgow, Skotlandia-Inggris Raya. Baru-baru ini lembaga Times Higher Education menganugerahi universitas ini sebagai University of the Year 2012 dan Entrepreneurial University of the Year 2013. Selain itu, Naval Architecture, Ocean and Marine Engineering merupakan salah satu departemen dibawah Faculty of Engineering. Mahasiswa disamping yang ingin mempelajari Ocean Engineering akan tetap dibekali inti pelajaran Naval Architecture terkait dengan desain kapal dan struktur lepas pantai seperti manajemen risiko dan analisis reliabilitis, dan subsea engineering.

6. Norwegian University of Science and Technology (NTNU) 

NTNU’s administration

NTNU didirikan pada tahun 1910 dan merupakan kampus terbesar kedua di Norway. Jumlah mahasiswa NTNU sekitar 20.000 dengan berbagai disiplin di tujuh fakultas yang berbeda. Selama ini Norway dikenal pertama kali melakukan pengeboran di lepas pantai dan terus melakukan berbagai inovasi di bidang kelautan yang bekerja sama dengan berbagai instansi maupun lembaga yang salah satunya Department of Marine Technology (IMT). Fokus IMT adalah melakukan pengembangan dan penelitian tentang metode dan teknik yang memudahkan penilaian dan pengembangan solusi teknis dan operasional untuk industri ekspor terbesar Norwegia: ekstraksi minyak dan gas di laut, teknologi kapal dengan industri peralatan yang sesuai, perikanan teknologi dan teknologi budidaya. Sementara itu, IMT menawarkan program Master dan PhD bagi mahasiswa asing dan menawarkan program Quota Scheme  dengan berbagai kampus yang telah melakukan MOU termasuk di Indonesia yang antara lain: ITS, ITB, dan Chevron Pacific Indonesia. Disamping IMT fokus pada penelitian dan pendidikan, mahasiswa diharapkan juga dapat menekankan pengembangan solusi ramah lingkungan dan hemat energi dalam bidang ini.

5. Technical University of Denmark (DTU)

File:DTU 03-05-06 06.jpg
Main building in Lyngby

DTU adalah sebuah universitas yang terletak di Kota Kongens Lyngby dan merupakan politeknik pertama di Denmark. Saat ini, DTU adalah salah satu universitas teknik yang terkemuka di Eropa dan universitas teknik terbaik diantara negara-negara Nordik. Department of Mechanical Engineering adalah salah satu diantara departemen yang terunggul yang dimiliki oleh DTU dan terdapat tiga program pendidkan dan penelitian utama:  Fluid Mechanics, Coastal and Maritime Technology (FVM). Contoh aplikasi teknis dari program ini adalah proses pembilasan dalam mesin diesel dua-stroke, estimasi transportasi sedimen dan morfologi pantai, penentuan beban gelombang pada struktur lepas pantai, dan propulsi kapal. Sebagian besar di departemen ini difokuskan pada pemahaman dan memprediksi beban lingkungan akibat angin dan gelombang laut. Disamping itu, lulusan FVM pada umumnya memiliki keahlian dalam bidang mekanika padat dan cairan dan mampu menerapkannya dalam desain, konstruksi kompleks seperti kapal, offshore structures, dan proses perlindungan pantai. Selain itu, departemen ini telah bekerjasama dengan berbagai universitas di Nordik bagi mahasiswa sarjana maupun pascasarjana.

 4. Delft University of Technology (TU Delft)

TU Delft Faculty of Mechanical, Maritime and Materials Engineering

TU Delft merupakan lembaga pendidikan dan pengembangan teknologi yang tertua dan terbesar di negara kincir angin, Belanda. Salah satu kebanggan program Bachelor hingga PhD yang dimiliki oleh TU Delft adalah Marine Technology. Program Master of Science bidang Marine Technology menawarkan dua trek: 1) Track ‘Science’ (SC) memberi pilihan antara dua spesialisasi yaitu  Ship Hydromechanics atau Ship and Offshore Structures; 2) Track ‘Design, Production, and Operation’ (DPO) dimana trek ini menawarkan kerja sama dengan NTNU di Trondheim, Norway  dan mencakup empat spesialisasi yaitu, Kapal Desain, Produksi Kapal, Manajemen Pengiriman dan Teknik Kelautan. Mahasiswa yang memilih trek DPO ini akan menghabiskan semester pertamanya di NTNU dan pada semester berikutnya akan memulai kuliah di TU Delft. Pada tahun kedua, mahasiswa diberi kesempatan untuk menggabungkan magang elektif dengan proyek kelulusannya. Selain itu, TU Delft dikenal memiliki beragam beasiswa bagi mahasiswa Indonesia yang minat untuk melanjutkan program graduate school bidang Marine Technology apalagi selama ini hubungan kerja sama antara Belanda dan Indonesia selalu membaik.

 3. National Taiwan University (NTU)

NTU Central Administration Building

NTU yang terletak di ibukota Taiwan, Taipei, merupakan salah satu universitas terbaik di Asia yang memiliki predikat sebagai universitas riset nasional sebab NTU memiliki empat pusat penelitian dengan jumlah mahasiswa pascasarjana hampir sama dengan mahasiswa sarjana. Diantara 54 departemen yang dimiliki oleh NTU terdapat Department of Engineering Science and Ocean Engineering (ESOE) yang menawarkan program pelatihan engineering analysis and multidisciplinary trainings of opto-mechatronics, information & computational science, applied mechanics, and naval architecture & ocean engineeringDisamping itu, mahasiswa akan diberi kesempatan untuk melakukan penelitian mutakhir di bidang yang luas dari ilmu teknik dan rekayasa laut (ocean engineering).

 2. Osaka University

Osaka-univ Toyonaka frontgate

Menurut QS World University Ranking, Osaka University  menempati posisi ketiga sejak tahun 2005 hingga sekarang sebagai universitas terbaik di Jepang. Disamping itu, Osaka University merupakan universitas tertua keenam dan disebut sebagai salah satu Japan’s National Seven Universities. Diantara keunggulan departemen yang dimiliki oleh Osaka University adalah Dept. Naval Architecture and Ocean Engineering (NAOE)Mahasiswa di departemen tersebut akan memperoleh pemahaman tentang  rekayasa teknik kelautan seperti teknologi large-scale wind-power, ikut turut mempromosikan untuk memperbaiki lingkungan laut secara global, serta terlibat dalam penelitian dan pengembangan transportasi laut yang ramah lingkungan. Universitas ini memiliki  program penelitian sebanyak  delapan pilihan dengan fasilitas yang mencakup Towing Tank, Towing Carriage, dan Wave Generator.

 1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT Building 10 and the Great Dome

Siapa yang tidak mengenal MIT? Menurut QS World University Ranking, MIT menempati posisi pertama sebagai kampus terbaik yang terletak di Amerika Serikat. Sejak didirikan pertama kali pada tahun 1861, MIT dikenal sebagai pusat riset pengembangan dan pendidikan bidang ilmu fisika dan teknologi, dan baru-baru ini dalam biologi, ekonomi, linguistik, dan manajemen juga. Salah satu keunggulan departemen yang dimiliki oleh MIT dibawah Department of Mechanical Engineering adalah Center for Ocean Engineering (COE). Hari ini, MIT bersama COE adalah garda terdepan dalam pengembangan ilmu dan rekayasa dalam mekanika fluida dan hidrodinamika, akustik, mekanika lepas pantai, robotika laut dan sensor, dan penginderaan laut dan peramalan. Selain itu, program COE yang menawarkan gelar SB in Mechanical and Ocean Engineering hingga PhD juga menawarkan program Konstruksi Kapal melalui pendidikan pascasarjana pada desain kapal angkatan laut dan kendaraan.

Referensi:

http://www.topuniversities.com
http://www.universitiesabroad.com
http://www.masterstudies.com
http://www.wikipedia.com

2 thoughts on “Top OCEAN ENGINEERING Colleges”

Tinggalkan Jejakmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s