1240448_459474337484813_1971048393_n

Euforia Gerigi ITS 2013

EUFORIA GERIGI ITS 2013

Di siang hari yang begitu panas teriknya matahari, apalagi Surabaya yang terkenal dengan kota panasnya tak mampu menyurut semangat kami untuk menghadiri pembukaan acara besar Gerigi ITS 2013. Keluarga baru mahasiswa ITS 2013 dari berbagai pelosok daerah telah berkumpul di Taman Alumni dikelilingi para panitia dan Aku berdiri bersama kelompok 4 ‘Kerajaan Demak’ dari Komunal 5 ‘Kerajaan di Indonesia’. Dihadapanku  Pak Rektor dan Presiden BEM ITS telah memberikan ceramah dan motivasi yang membuat kami begitu tergugah akan esensi menjadi seorang mahasiswa ITS.

Selepas dari acara penyambutan dan peresmian acara Gerigi, kelompok 4 segera menuju ke tempat yang telah disediakan oleh panitia untuk mendapatkan materi di hari pertama tentang Peran dan Fungsi Mahasiswa. Di hari kedua, kami dapatkan materi tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pergerakan Mahasiswa, Wawasan Mubes ITS, Keilmiahan KM ITS, dan Wawasan Prestasi KM ITS. Sedangkan untuk hari terakhir didapatkan materi mengenai Karakter Mahasiswa ITS dan Wawasan Kebangsaan. Selama tiga hari tersebut, kita telah didatangkan pembicara-pembicara hebat dan inspiratif untuk mengisi materi-materi yang dapat membuka wawasan kami untuk menjadi mahasiswa yang ideal.

PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA

Di sore yang menjelang waktu maghrib, kami didatangkan oleh pembicara pertama yaitu Mas Benny dari Teknik Elektro yang menerangkan tentang peran dan fungsi mahasiswa. Adapun hasil informasi yang kami dapatkan adalah bahwa terdapat empat poin penting dalam peran dan fungsi mahasiswa yaitu:

1. Iron Stock

Mahasiswa harus menjadikan dirinya sebagai aset, cadangan, dan harapan bangsa untuk masa depan sebagai pengganti dari pemimpin-pemimpin generasi sebelumnya.

2. Agent of Change

Mahasiswa dituntut untuk menjadikan dirinya sebagai garda terdepan dalam perubahan lingkungan sekitarnya apabila telah terjadi pergeseran nilai-nilai masyarakat. Sebagai insan akademis, tentu mahasiswa selalu berpikir secara ilmiah dalam mencari kebenaran untuk suatu perubahan.

3. Moral Force

Mahasiswa diwajibkan untuk menjadi contoh bagi masyarakat dengan menjaga moral-moral yang ada sehingga tidak terjadi pergeseran nilai-nilai dan norma-norma.

4. Social Control

Mahasiswa harus mampu mengontrol keadaan sosial lingkungan sekitarnya dengan melakukan berbagai sosialisasi dengan masyarakat.

Dari keempat empat poin diatas, dapat kami simpulkan bahwa mahasiswa memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan cita-cita bangsa kita dan sudah sepantasnyalah mahasiswa tidak lagi apatis terhadap kondisi di sekitarnya. Oleh sebab itu, mahasiswa sudah seharusnya memiliki visi dan misi yang mulia dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan sejahtera.

TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Hari pertama di weekend ini tidaklah seperti hari sebelumnya, acara ini akan dimulai berkumpul di belakang gedung perpustakaan ITS jam 6:30 pagi yang merupakan tempat khusus komunal 5. Acara ini diawali dengan sesi show off oleh setiap kelompok yang merupakan tugas  yang kami dapatkan pada hari sebelumnya. Setelah melakukan sesi pertama tersebut, kami melakukan sesi materi dengan satu pembicara dalam satu komunal. Tema kali ini yang dibahas adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh Ibu Ismaini yang merupakan dosen dari jurusan Statistika. Adapun isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah:

1. Pendidikan dan Pengajaran

Pengertian pendidikan dan pengajaran disini adalah dalam rangka menerusakan pengetahuan atau dengan kata lain dalam rangka transfer of knowledge yang dengannya ilmu pengetahuan telah dikembangkan melaui penelitian oleh mahasiswa di perguruan tinggi.

2. Penelitian dan Pengembangan

Penelitian dan pengembangan merupakan peranan yang sangat penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa penelitian, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan terhambat.

3. Pengabdian Masyarakat

Pengabdian pada masyarakat merupakan serangkaian aktivitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang bersiafat konkrit dan langsung dirasakan manfaatnya dalam waktu yang relatif pendek. Aktivitas ini dapat dilakukan atas inisiatif individu atau kelompok anggota civitas akademika perguruan tinggi terhadap masyarakat maupun terhadap inisiatif perguruan tinggi yang bersangkutan yang bersifat nonprofit.

Ketiga faktor ini erat hubungannya, sebab penelitian harus menjunjung tinggi kedua dharma yang lain. Penelitian diperlukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi. Untuk dapat melakukan penelitian diperlukan adanya tenaga-tenaga ahli yang dihasilkan melalui proses pendidikan. Ilmu pengetahuan yang dikembangkan sebagai hasil pendidikan dan penelitian itu hendaknya diterapkan melalui pengabdian pada masyarakat sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dan menikmati kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

PERGERAKAN MAHASISWA

Setelah sesi pertama tadi mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi akan dilanjutkan dengan materi tentang Pergerakan Mahasiswa oleh Mas Satria dari Teknik Sistem Perkapalan. Akan tetapi, kali ini berbeda dari sebelumnya yang nantinya Mas Satria menerangkan materi tersebut hanya untuk kelompok 4 dan setiap kelompok akan mendapat pembicara yang berbeda-beda dengan tema materi secara bergantian. Dari kesimpulan yang kami dapatkan adalah bahwa gerakan mahasiswa atau aksi kolektif mahasiswa termasuk dalam kategori gerakan sosial karena memiliki beberapa ciri khas (Hamka, 2000), antara lain: Gerakan mahasiswa diwadahi oleh organisasi, baik yang bersifat permanen untuk menjangkau kepentingan jangka panjang maupun gerakan temporer yang berlangsung dalam jangka pendek; memiliki tujuan yang berbeda sebagai upaya untuk menyesuaikan dengan keanekaragaman organisasi; dilakukan dengan penuh kesadaran dan bukan semata-mata atas dasar ketidakpuasan dan emosi; memiliki ideologi yang bervariasi sesuai bentuk organisasi dan kondisi politik; tidak membentuk lembaga resmi seperti partai politik, namun lebih menekankan aksi-aksi kolektif yang inkonvensional untuk memujudkan tujuan gerakan; di dalam menggelar aksi protes kolektif, gerakan mahasiswa menampilkan isu yang strategis sebagai sarana untuk memobilisasi massa dan mengefektifkan aksi.

WAWASAN MUSYAWARAH BESAR ITS

Setelah begitu banyak materi yang kami dapatkan yang akhirnya sampailah pada materi terakhir untuk hari Sabtu yaitu tentang Keluarga Mahasiswa ITS terutama mengenai sejarah musyawarah besar yang dipandu oleh Mbak dari jurusan Kimia.

Hasil informasi yang kami dapatkan tentang Mubes ini adalah bahwa Musyawarah Besar Mahasiswa ITS yang selanjutnya disebut Mubes ITS merupakan forum musyawarah tertinggi wakil-wakil lembaga dalam lingkup KM ITS. Hasil ketetapan MUBES dalam tata urutan perundang-undangan yang berlaku di KM ITS:

Pasal 56

Tata urutan perundang-undangan yang berlaku di KM ITS ialah :

1. Ketetapan Mubes ITS.

2. Ketetapan MTT ITS.

3. Ketetapan Kongres ITS.

4. Undang-Undang.

5. Keputusan Presiden BEM ITS.

Mubes merupakan landasan hukum tertinggi yang digunakan sebagai acuan dalam gerakan kemahasiswaan di ITS. Ibarat sebuah negara, Mubes adalah Undang-Undang yang bisa diamendemen setiap saat sesuai dengan relevansi keadaan sekitar. Mubes dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan KM ITS yang sudah berubah mengikuti perkembangan zaman. Musyawarah Besar (Mubes) menjadi salah satu aktivitas pembelajaran berdemokrasi di miniatur “Negara” Keluarga Mahasiswa ITS. Selain menjadi wadah bagi KM ITS untuk mencari format pemerintahan mahasiswa yang dinamis dan sesuai dengan kondisi kekinian, Musyawarah Besar ITS menjadi momentum persatuan Keluarga Mahasiswa ITS. Di dalamnya terdiri atas beragam pikiran yang merupakan hasil diskusi tiap elemen, namun berpikir untuk satu tujuan sama, KM ITS dan kontribusinya terhadap Indonesia.

Adapun sejarah awal Mubes pertama kali diadakan pada tahun 1994, Mubes ke-II pada tahun 1998, kemudian Mubes ke-III berlangsung pada 2001, dan yang terakhir adalah mubes ke-IV pada tahun 2011.

KARAKTER IDEAL MAHASISWA ITS

ss

Di pagi hari yang sejuk ini telah sampai pada hari ketiga yang merupakan hari terakhir dari acara ini. Sebelum kami sampai pada inti acara pada siang hari itu, pagi itu diawali dengan dua materi. Materi pertama yang dibahas adalah karakter ideal mahasiswa ITS. Kata CAK merupakan slogan yang membedakan karakter mahasiswa ITS dengan mahasiswa dari kampus lain. Dari materi tersebut dapat kami rangkum oleh Mas Aziz Nugroho melalui blognya yang hampir sama diungkapkan oleh pembicara materi tersebut yang isinya adalah:

Mari kita telaah satu persatu ketiga karakter yang termaktub dalam karakter CAK. Yang pertama adalah Cerdas. Untuk karakter ini, bahwa mahasiswa ITS sebenarnya sudah termasuk dalam golongan cerdas. Mahasiswa kita tidak kalah dengan ITB, UI, UGM maupun PTN-PTN papan atas lainnya di Indonesia dalam hal kecerdasan. Bahkan kecerdasan mahasiswa kita pun bisa bersaing di pentas internasional. Tidak ada mahasiswa “bodoh” di kampus ini. Saya sangat yakin itu. Hanya saja, poin cerdas yang dijelaskan tadi adalah mengenai kecerdasan akademis (Matematis dan Verbal). Dua jenis kecerdasan inilah yang paling dominan dan paling dasar yang dimiliki oleh mahasiswa ITS. Padahal sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis kecerdasan yang dimiliki oleh mahasiswa ITS. Seorang mahasiswa ITS yang cerdas adalah mahasiswa yang mampu mengoptimalkan seluruh jenis kecerdasan yang dimilikinya sesuai minat dan bakatnya untuk mencapai hasil terbaik selama berada di kampus.

Kemudian karakter kedua dari CAK adalah Amanah. Karakter ini sebenarnya memiliki arti yang hampir sama dengan Tanggung Jawab. Selama ini, Amanah adalah jenis karakter yang masih ‘miskin’ implementasi di kalangan mahasiswa ITS. Mengapa? Contoh gampangnya adalah perilaku mahasiswa selama berkuliah. Banyak kasus mahasiswa ITS yang masih sering membolos dan TA (Titip Absen). Secara tidak langsung, kita melanggar amanah dari orang tua kita. Perilaku seperti ini merupakan contoh kecil miskinnya implementasi amanah di lingkungan mahasiswa ITS. Maka, karakter ini seharusnya sudah dibentuk sejak mahasiswa baru.

Lalu karakter terakhir CAK adalah Kreatif. Harus diakui bahwa selain cerdas, mahasiswa ITS itu sangat kreatif.        Implementasi karakter ini bisa kita lihat dimana-mana.          Contoh paling gampang adalah PKM (Program Kreativitas Mahasiswa).     Dari tahun ke tahun, jumlah PKM yang dibuat dan PKM yang didanai untuk mahasiswa ITS terus meningkat. Ribuan judul PKM yang dibuat sangatlah bervariasi dan benar-benar orisinil. Fakta ini adalah bukti tegas bahwa mahasiswa ITS adalah mahasiswa yang sangat kreatif. (Aziz Nugroho, ITS)

WAWASAN KEBANGSAAN

Akhirnya sampailah pada materi terakhir selama tiga hari berturut-turut ini. Kali ini materi yang dibahas adalah Wawasan Kebangsaan yang merupakan materi penting sebagai wawasan dasar untuk mewujudkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang dipandu oleh Mas Kemal Rasyid dari jurusan Teknik Perkapalan.

Kurang lebih ringkasan yang kami dapatkan hampir serupa yang diungkapkan oleh Ibu Hj. Yuslainiwati, S.H.,M.Kes. melalui blog pribadinya bahwa generasi muda dijadikan target dalam menjalankan pembangunan berkelanjutan.  Pembangunan dibidang pendidikan, didasarkan atas falsafah negara Pancasila dan diarahkan untuk membentuk manusia-manusia pembangunan yang berlandaskan Pancasila dan untuk membentuk manusia Indonesia yang sehat jasmani dan rohaninya, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, dapat mengembangkan kreativitas dan tanggung jawab, dapat menyuburkan sikap demokrasi dan penuh tenggang rasa, dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan disertai budi pekerti yang luhur, mencintai bangsanya dan mencintai sesama manusia yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang termaktub dalam Undang-Undang Dasar 1945. Untuk mewujudkan pengembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan, diusahakan penambahan, fasilitas-fasilitas dengan prioritas yang tepat dan disesuaikan dengan kemampuan pembiayaan, baik yang bersumber dari negara maupun dari masyarakat sendiri dan mempunyai  kesempatan untuk memanfaatkan waktu secara produktif dan mempersiapkan diri untuk tanggung jawab yang lebih besar di masa mendatang, sekaligus meningkatkan partisipasi mereka dalam proses pembangunan. Untuk ini diusahakan peningkatan fasilitas latihan ketrampilam, latihan kepemimpinan, rekreasi, olahraga dan kesempatan pengabdian kepada masyarakat.

1234877_706956852651826_1169175768_n

KESAN

Suatu hal kebanggaan yang patut kami syukuri untuk bisa berada dalam komunal 5 terutama kelompok 4 yang diketuai oleh Annas Fauzy selama proses integralistik antar mahasiswa dari berbagai jurusan dan daerah asal yang berbeda-beda. Tidak dapat kami pungkiri bahwa dengan adanya acara ini kami bisa lebih mengenal lebih dekat satu sama lain dan pembicara-pembicara inspiratif yang nantinya dapat mewujudkan cita-cita KM ITS dan bangsa Indonesia bersama-sama.
PESAN

Semoga rasa kebersamaan dan kesetiakawan antar kelompok dan komunal ini dapat dipertahankan dan dikembangkan untuk membangun Indonesia yang lebih baik dan mengharumkan nama almameter kami, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.


TESTIMONI

“Perjalanan seribu langkah diawali dengan langkah pertama.”

Sebuah langkah awal yang baik dalam mempersatukan keluarga baru mahasiswa ITS untuk saling sinergis demi KM ITS dan Indonesia yang lebih baik. Dengan adanya Gerigi ITS ini, mahasiswa baru ITS mendapatkan wawasan baru tentang kehidupan kampus dan lingkup KM ITS yang nantinya dapat membantu dalam proses akademik dan organisasi mahasiswa (Ormawa). Melalui acara ini juga mahasiswa sudah seharusnya yakin akan bahwa Aku, Kamu, dan Kita akan menjadi penerus bangsa yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan umat.

11 September 2013

Referensi:

http://sosok.kompasiana.com

http://iw4nrisw4ndi.blogspot.com/

http://suar.okezone.com

http://yuslainiwati.blogspot.com/

http://catatanaktivismuda.blogspot.com/

———————————————————————————————————————

Artikel ini merupakan salah satu tugas dari KPP (Kegiatan Pasca Pelatihan) Gerigi ITS 2013

Tinggalkan Jejakmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s