7 Tips Agar Bisa Bangun Setelah Subuh

Tak ada yang mampu membunuh produktivitas seperti bangun jam 10.00 pagi untuk memulai aktifitas. Atau bangun dan hanya memiliki waktu yang hanya cukup untuk memakai pakaian sembarangan dan segera berlarian untuk bekerja. Tiba dikantor dengan panik dan otak mumet. Kemudian berusaha menyelesaikan daftar pekerjaan yang telah dibuat dan sebelum kamu tahu, tiba – tiba sudah waktu untuk makan malam kemudian sholat isya’. Dan kamu belum menyelesaikan pekerjaan. Masalahnya adalah, kamu memiliki waktu 2-5 jam yang benar – benar membuatmu pada maksimal produktivitas dan kamu melewatinya dengan tidur.

Kapankah saat – saat itu? Yaitu waktu saat subuh. Ini adalah waktu yang diberkahi, Nabi Muhammad SAW berdoa untuknya, Beliau bersabda, “Ya Allah, berkahilah umatku di awal waktu”.

Berikut adalah 7 tips yang dapat membantumu tetap terjaga setelah sholat subuh agar berkah dan sukses selalu insya Allah.

1.    Tidur lebih cepat dan beristirahatlah.
Setelah sholat Isya’ Nabi Muhammad SAW tidak suka untuk berbincang mengenai masalah yang tidak penting dan langsung pulang untuk tidur. 

2.    Lepaskan 3 ikatan.
“Sebelum kalian tidur, setan mengikat dengan tiga ikatan pada belakang kepada setiap diri kalian. Dia menghembuskan kata – kata pada setiap ikatan, “malam masih panjang, jadi tetaplah tidur”. Jika seseorang bangun dan bersyukur pada Allah, satu ikatan akan lepas, dan ketika dia berwudhu, satu ikatan akan lepas, dan ketika dia sholat, satu ikatan akan lepas kembali dan dia akan mendapatkan pagi yang bersemangat dan dalam hati yang senang, jika tidak dia akan bangun dengan melakukan perkara tersebut, dia akan bangun pagi dalam keadaan hati yang buruk dan malas ” (bukhari). Bukan sebuah kejutan jika syaitan selalu mencoba untuk mencegah kita dari berkerja untuk Allah dan senantiasa mencegah kita untuk mendapatkan pagi yang produktif. Namun, Alhamdulillah, kita dibekali senjata untuk melawan bisikannya :
a.    Bersyukur kepada Allah dengan mengatakan : Alhamdulillahi alladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilayhin nushuur. “segala puji dan terima kasih hanya untuk Allah yang maha memberi kehidupan dan kematian dan kepadaNya lah kami akan dibangkitkan (dikumpulkan)”
b.    Berwudhu.
c.    Sholat.
Setelah selesai sholat, jangan biarkan dirimu untuk kembali tidur. Percikkan air dingin ke wajah, ngemil dengan makanan ringan, atau minum beberapa gelas air atau jus akan menolong kamu untuk segera bangun dan segar.

3. Biasakan untuk berdzikir setelah sholat subuh.
Jika kamu masih ingin untuk kembali tidur setelah sholat subuh, ingat bahwa pekerjaan terbaik setelah sholat adalah berdzikir bahwa kamu akan dimintai ampun oleh para mailaikat. Luar biasa bukan. “Para malaikat akan tetap memohon ampunan kepada Allah untuk kalian, sepanjang dia di Mushala (tempat sholat) dan tidak buang angin (berhadast). Mereka berkata, “Ya Allah, Ampunilah dia, Ya Allah, Rahmatilah dia” (Bukhari). Semakin lama kamu berdiam untuk berdzikir, semakin sedikit kemungkinan kamu kembali tertidur . Kamu dapat mencari doa – doa untuk dipanjatkan setelah sholat dan juga di waktu pagi sebagai benteng seorang muslim. Ingat, jangan diam tanpa aktifitas berdzikir. Akan memancing kamu akan terlelap.

4. Jangan lupakan sholat dhuha.
Sholat dhuha adalah sholat tambahan yang dapat kamu lakukan 20 menit matahari terbit atau 45 menit sebelum subuh. “Pada setiap pagi, tiap-tiap sendi tubuh Bani Adam harus bersedekah. Setiap tasbih bisa menjadi sedekah. Setiap tahmid bisa menjadi sedekah. Setiap tahlil bisa menjadi sedekah. Setiap takbir bisa menjadi sedekah. Setiap amar ma’ruf nahi munkar juga bisa menjadi sedekah. Semua itu bisa digantikan dengan dua rakaat yang dilakukan pada waktu Dhuha.” Siapakah yang tidak menginginkan hadiah ini

5. Membaca atau mengulang atau menghafal Al – Qur’an.
Setelah sholat subuh adalah waktu yang luar biasa untuk berkencan bersama Al – Qur’an. Gunakan waktu sesudah subuh untuk membaca, mengulang dan menghafal Al – Qur’an. Sekitar 20 sampai 30 menit. Jika anda melebihkan. Tak masalah.

6. Olah Raga.
Jalan – jalan atau pemanasan akan membuat darahmu beredar dan kamu akan merasa mendapatkan cukup energy untuk tetap bangun. Olah raga juga akan merangsang dikeluarkannya Adrenalin. Hormon yang dapat membuatmu terus terjaga dan bersiaga.

7. Memiliki daftar pekerjaan yang segera dikerjakan.
Apakah ini sering terjadi padamu? Kamu bangun, pagi – pagi, kamu melihat sekeliling dan mulai bertanya pada diri sendiri apa yang akan dilakukan. Jika kamu tidak memiliki rencana untuk pagi harimu, gunakan pagi dengan menulis daftar hal pertama apa yang akan kamu lakukan setelah sholat dhuha, atau sesuatu yang lebih baik dari malam harinya. Biasakan untuk menyelesaikan 3-4 tugas sebelum berangkat sekolah atau bekerja.

Kamu akan berenergi dan menikmati membaca Al – Qur’an, mengingat Allah (dzikir), melakukan sholat sunnah, dan menyelesaikan beberapa daftar pekerjaan, semuanya sebelum kamu pergi ke sekolah atau bekerja! Dan kamu masih memiliki banyak waktu sepanjang hari. Insya Allah.

Ya Allah, bantu kita untuk mendapatkan keberkahan dalam waktu pagi yang indah. Aamiin.

sumber: http://abdulhalim060189.blogspot.com/

2 thoughts on “7 Tips Agar Bisa Bangun Setelah Subuh”

  1. Info yang bermanfaat. Tidur setelah subuh sudah menjadi kebiasaan saya cukup lama, terkadang saya merasakan kerugiannya, beberapa diantaranya, saya sering kesiangan ke kantor malah samapai tidak masuk kantor karna ini. Sebenarnya saya ingin menghilangkan kebiasaan ini, namun masih terasa sulit, entah mungkin sudah lama kebiasaan ini saya lakukan, atau memang belum mendapat metode yang tepat, atau mungkin kurang kemauan pada diri saya. Saya akan coba terapkan satu atau lebih tips2 diatas, terimakasih atas infonya…

Tinggalkan Jejakmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s